Minggu, 17 Juni 2012

[Visual Novel Review] Da Capo III Review

D.C.III - Da Capo III

opening video




Da Capo III, salah satu game dari Da Capo series yang bisa saya bilang merupakan yang terbaik.

Kenapa saya bilang salah satu dari yang terbaik? Da Capo III menutup berbagai macam plot hole yang ada pada Da Capo dan Da Capo II Plus Communication, disertai dengan grafik yang bagus dan lagu2 yang cocok dengan cerita dari game ini sendiri



“Akane-iro somarishi yakusoku wa, osanaki hana to tsumugi dasu sekai”




Yang unik dari Da Capo III adalah cerita ini memiliki 2 setting waktu dan tempat yang berbeda, yaitu tahun 20XX dan 1951 yang kurang lebih berselisih 100 tahun.

Tahun 20XX menggunakan latar tempat di Hatsunejima, tempat yang juga digunakan pada Da Capo dan Da Capo II dan juga awal cerita dari Da Capo III. Sedangkan tahun 1951 menggunakan latar tempat di London - Inggris, yang merupakan inti cerita dari Da Capo III


“kawaranai yo 10-nen mo 100-nen-go mo, chigau hajimari no kisetsu kara
sakura sakihokori zutto kimi o mamoru, sukitooru kireina ai de”




Characters


Hatsunejima - Japan (20XX)



Yoshino Kiyotaka  (芳乃 清隆)
Karakter utama di Da Capo III, bersekolah di Kazami Gakuen kelas 2-1. Merupakan anggota dari Shinbun-bu (Newspaper Club) dan merupakan satu-satunya anggota laki-laki

Morizono Rikka  (森園 立夏)
Salah satu dari 5 main heroine, kelas 3-2 Kazami Gakuen. Ketua Shinbun-bu yang juga school idol. Menganggap Kiyotaka adalah ‘unmei no hito’, orang yang ingin mengetahui tentang masa lalu Hatsunejima dan misterinya.

Katsuragi Himeno (葛木 姫乃 )
Salah satu Main Heroine , kelas 2-1 Kazami Gakuen yang juga teman masa kecil Kiyotaka. Menganggap Kiyotaka seperti kakaknya sendiri, bahkan memanggilnya dengan sebutan “Nii-san”. Salah satu anggota Shinbun-bu



Yoshino Sharuru (芳乃 シャルル)
Teman sekelas Rikka dan salah satu main heroine, tinggal sekamar dengan Kiyotaka dan juga salah satu anggota Shinbun-bu. Merupakan saudara sepupu Kiyotaka dan Half-japanese, biasa dipanggil dengan sebutan “Ruru-nee” oleh Kiyotaka. Namanya juga bisa dibaca sebagai Charles (Sharuru)

Rukawa Sara (瑠川 さら)
Teman sekelas Kiyotaka dan salah satu main heroine, setahun lebih muda dari Kiyotaka. Seorang pekerja keras dan pernah loncat kelas. Salah satu anggota Shinbun-bu

Hinomoto Aoi (陽ノ下 葵)
Kelas 1-3 Kazami Gakuen dan salah satu main heroine. Menganggap Kiyotaka seperti kakaknya sendiri. Karena tubuhnya yang lemah, dia pernah dirawat Kiyotaka ketika sakit. Bekerja part-time di ‘Hana Yori Dango’, toko wagashi (japanese sweets) tempat Asakura Nemu bekerja di Da Capo.


London (1951)

Katsuragi Kiyotaka (葛木 清隆)
Protagonis game ini, Siswa Kazamidori Mahou Gakuen kelas 1-A dan seorang ‘Mahoutsukai’ Category-4, rank yang sangat tinggi untuk seorang siswa. Keahliannya adalah “Yumemi no Mahou” atau Sihir untuk melihat mimpi. Merupakan kakak dari Himeno dan salah satu anggota Tantei-bu (Detective Club).

Ricca Greenwood  (リッカ・グリーンウッド )
Salah seorang main heroine. Anggota Seitokai (Student Council) dan juga menjadi Class Leader untuk kelas 1-A, Class leader merupakan pengajar sekaligus pemimpin kelas waktu menjalankan misi, jadi bukan termasuk siswa dari kelas tersebut. Ricca adalah seorang penyihir Category-5 (hanya ada 5 orang Category-5 di dunia) yang diakui langsung oleh Ratu Inggris dan mempunyai julukan “Kokou no Cattlleya” (Cattleya of Isolation).


Katsuragi Himeno (葛木 姫乃)
Adik dari Katsuragi Kiyotaka dan salah satu main heroine. Sekelas dengan Kiyotaka dan Salah satu anggota Tantei-bu (Detective Club). Biasa menggunakan Kimono pada hari-hari liburnya atau saat berada di asrama.

Charles Maroth (シャルル・マロース)
Salah satu main Heroine dan merupakan Seitokaichou (Student Council President). Class Leader untuk kelas 1-B. Mempunyai seekor hewan peliharaan yaitu rusa yang diberi nama Etoh/Eto. Orang yang lembut dan bersikap layaknya seorang kakak terhadap Kiyotaka, tapi kadang malah kekanak-kanakan.

Sara Chrysalis (サラ・クリサリス)
Salah satu teman sekelas Kiyotaka dan seorang main heroine. Seorang pemalu dan bertubuh kecil, merasa dirinya kurang mempunyai bakat dalam sihir. Seorang atlet Gnilruc berbakat dari keluarga Chrysalis yang merupakan keluarga yang terkenal sebagai atlet Gnilruc.

Aoi Hinomoto (陽ノ下 葵)
Seorang Waitress open cafe yang bernama Cake Before Flowers. Salah seorang main heroine tetapi tidak bersekolah di Kazamidori. Biasa terlihat di Flowers atau di Kafetaria Kazamidori. Keberadaannya merupakan kunci terhadap semua kejadian misterius di cerita ini. Rute Aoi hanya akan terbuka setelah menyelesaikan Rute keempat heroine yang laiinnya.



“kono sekai ga subete o yuruserunara, boku wa kimi to meguriae ru yo
sakura sakihokori zutto yume wa tsudzuku, sukitōru kireina ai de
sekai o kaeru chikara ni naru da capo”




Story

Secara garis besar, Da Capo III dibagi menjadi 4 Arc, yaitu Prologue, Weather Vane, Zero, dan Da Capo

Prologue
Awal dari Da Capo III, belatar tempat di Hatsunejima pada tahun 20XX, pada saat itu Sakura sudah tidak mekar sepanjang tahun lagi. Bercerita tentang anggota Newspaper Club yang mencari informasi tentang Karenai Sakura (Unwhitering Cherry Blossom) yang terjadi bertahun-tahun yang lalu. Hingga akhirnya Karenai Sakura kembali hidup dan semua pohon sakura di Hastunejima mekar secara mendadak setelah Kiyotaka dkk membuat harapan di bawah pohon bekas Karenai Sakura





Weather Vane
Terdiri dari 2 Chapter, yaitu Weather Vane dan Spinning Wheel
Berlatar tempat di London, Kiyotaka dkk bersekolah di Royal London Magic School yang biasa disebut Kazamidori.
Weather Vane bercerita tentang keseharian Kiyotaka dalam Detective Club, Seitokai Election, dan Misi yang diberikan oleh Ratu Inggris yang dijalankan bersama teman-temannya. Wheater Vane juga merupakan common route yang nantinya akan menentukan heroine route yang akan diambil. Sedangkan Spinning Wheel mulai terfokus pada cerita salah satu main heroine.

Zero
Zero akan terbuka ketika route Ricca, Charles, Himeno, dan Sara telah selesai. Arc ini bercerita tentang Hinomoto Aoi dan semua misteri tentang kabut misterius yang menyelimuti London sejak cerita dimulai.

Da Capo
Daripada spoiler silakan maen sendiri, ini Arc paling penting di Da Capo III  :v

All Credits to : Sugisaki Adjie


0 komentar:

Posting Komentar